Ragam Keindahan Alam Di Singkawang

Singkawang, sebuah kota kecil di Kalimantan Barat yang membutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam dari Pontianak ibukota Kalimantan Barat. Jika ingin menikmati pantai di Kalimantan Barat maka Anda harus pergi ke Singkawang. Deretan pantai cantik telah menanti kedatangan Anda. Jika butuh ketenangan maka Anda harus datang di hari biasa (weekdays) karena pada akhir pekan warga setempat akan menyerbu pantai-pantainya.

Ragam Keindahan Alam di Singkawang
Pantai-pantai di Singkawang pasirnya tidak terlalu putih namun pemandangannya cukup unik dan indah. Tidak hanya pantai, Singkawang juga memiliki objek wisata alam lain seperti air terjun, danau dan taman. Jika tidak percaya maka ikuti terus artikel ini supaya Anda tahu kalau Singkawang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Sebagai catatan, jika ingin berwisata di Singkawang maka Anda harus menyewa kendaraan atau naik kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang melintasi tempat-tempat wisata.

1. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe yang alami ini terletak di Desa Pejintan belum banyak diubah oleh pemerintah dan masyarakat. Objek wisata ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Singkawang. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini yaitu pada jam satu siang. Terik matahari akan bersinar masuk ke kolam alami yang melingkari air terjun ini. Banyaknya akar pohon besar dan batang pohon yang kuat semakin menambah keindahan panorama air terjun ini. Tidak akan ada yang menyangkal bahwa air terjun ini indah. Air yang turun dengan deras membuat para pengunjung merasa sangat sejuk walau di siang hari yang panas. Air Terjun Sibohe berada di sekitar pemukiman penduduk yang letaknya berdekatan dengan kolam renang bidadari. Untuk menuju tempat ini harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan baik motor maupun mobil. Anda bisa berwisata ke tempat ini secara gratis, hanya perlu membayar parkir kendaraan maka Anda bisa bermain air dengan puas.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini dinamakan pasir panjang karena pantai ini memiliki hamparan pasir yang membentang hingga 3 kilometer sepanjang bibir pantai. Pantai Pasir Panjang ini berpasir putih dan ombaknya tenang sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat relaks sambil menikmati suara deburan ombak. Air laut berwarna biru muda semakin memperindah pantai ini. Para pengunjung bisa berenang atau menyelam (snorkeling) di pantai ini. Areanya yang cukup luas sangat memungkinkan untuk melakukan voli pantai. Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk menikmati momen sunset. Matahari yang akan tenggelam terlihat jelas di balik pulau-pulau yang berada di area pantai. Di pantai ini para pengunjung akan menyaksikan aktivitas masyarakat kampung nelayan yang letaknya tidak begitu jauh dari pantai ini. Jika ingin melihat peta wisata pantai maka Anda harus mendatangi pusat informasi pariwisata. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Ada penyewaan perahu motor, diskotik, sepeda air, pondok wisata, toko souvenir dan tempat berlindung seperti gazebo. Tersedia kolam renang bagi yang tidak suka berenang di pantai. Jika sudah kemalaman karena menyaksikan momen matahari terbenam maka Anda bisa menyewa kamar. Di dekat pantai ini tersedia penginapan dan berbagai tempat makan sehingga tidak usah takut lapar.

3. Palm Beach

Palm Beach bertetangga dengan Pasir Panjang. Pantai Palm ini sangat mudah untuk didatangi karena letaknya di Jalan Raya Singkawang. Pemandangan pantai sangat indah karena ada perbukitan kecil yang eksotis. Untuk masuk ke pantai ini harus membayar karcis seharga Rp 15.000 per orang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah sepanjang 2 km. Seperti Pantai Pasir Panjang, pantai ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti hotel, kolam renang, taman bermain anak, pondok santai tepi pantai, café dan restoran. Palm Beach juga pantai yang cocok untuk menjadi spot matahari terbenam. Jika jenuh atau butuh ketenangan maka pantai ini lebih cocok untuk dikunjungi karena lebih sepi dari Pantai Pasir Panjang.

4. Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville terletak di Desa Sijangkung yang berjarak 6 km dari pusat kota Singkawang. Taman bunga yang indah ini semakin indah karena ada pemandangan Gunung Pasi. Sesuai dengan namanya, taman ini didominasi oleh bunga Bougenville. Nuansa yang sejuk ini dikelilingi perkebunan dan hutan yang eksotis. Bunga-bunga berwarna-warni nan indah serta berbagai bunga seperti Anggrek-angrek khas Kalimantan siap menyambut kedatangan Anda. Terdapat hutan homogen yang disebut “Area Super Sejuk” karena ditumbuhi pohon Gaharu yang subur. Keberadaan danau buatan semakin memperindah suasana dan panorama. Jika berasal dari daerah di luar Kalimantan Barat maka naiklah pesawan menuju Bandara Supadio di Pontianak. Setelah itu menuju Singkawang dengan naik mobil sewaan atau travel dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Taman Bunga ini buka setiap hari mulai pukul 09:00-21:00 WITA dengan tiket masuk seharga Rp. 10.000 per orang.

5. Danau Biru

Tempat wisata lainnya yang indah di Singkawang adalah Danau Biru. Danau ini terletak di sekitar Roban berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Singkawang. Dinamakan Danau Biru karena air danau ini berwarna biru mencolok. Namun seiring berjalannya waktu, air danau ini justru berubah menjadi hijau. Perubahan warna itu tidak mengubah keindahan danau ini. Di sekeliling danau terdapat semak belukar dan ilalang yang membuat danau ini terlihat sangat alami. Danau ini terbentuk akibat aktivitas pertambangan sehingga terbentuk cekungan besar yang lama kelamaan terisi air.

6. Pulau Randayan

Pulau Randayan dapat ditempuh selama 2 jam dengan menumpangi perahu cepat dari dermaga Pantai Pasir Panjang. Pulau Randayan memiliki berbagai keindahan panorama berupa jajaran batuan karang, berbagai biota dan vegetasi laut. Tersedia berbagai fasilitas yang lengkap di pulau ini seperti villa, kafe, restoran yang membuat wisatawan betah berada di sini. Pulau ini memang sengaja dikelola untuk menjadi tempat wisata oleh pemerintah daerah setempat sehingga ada kesan tertata rapi tidak seperti objek wisata lainnya.

7. Pulau Simping

Pulau mungil nan unik ini bernama Pulau Simping. Pulau ini terletak di perairan sekitar Pantai Teluk Mak Jantu, Singkawang Selatan. Pulau Simping termasuk deretan kawasan wisata Pantai Sinka Park Island. Untuk menuju pulau ini maka pengunjung harus melewati jembatan beton sebagai perantara dari gerbang depan tempat ini. Pesona pulau ini yakni air ombak yang tenang dan pasir putih yang halus. Jika Anda telah berada di Pantai Sinka maka Anda harus berkunjung ke pulau mungil ini juga. Anda bisa berfoto seolah Anda adalah pemilik pulau ini karena memang pulau ini cukup mungil.

8. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung terletak di Sedau, Singkawang Selatan. Terdapat kampung nelayan di daerah ini sehingga Anda akan melihat banyak nelayan yang sedang mencari ikan. Keunikan pantai ini yaitu terdapat banya batu granit yang tersusun rapi di pinggir pantai ini. Sekilas pantai ini mirip dengan pantai di Bangka Belitung. Tersedia jembatan yang menghubungkan pengunjung ke batu granit tersebut atau bisa menjadi spot foto yang cantik. Bibir pantainya tidak terlalu luas sehingga Anda tidak akan kelelahan untuk berjalan di pantai ini. Sesuai dengan namanya, di pantai ini terdapat banyak burung yang dipelihara namun para pengunjung bisa memberi makan dengan membeli makanannya pada pengelola pantai.

Kepoin Yang Ini Alam Pontianak yang Tak Boleh Dicuekin.

About admin

Check Also

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Ambarawa

Bagi anda yang pernah mengunjungi daerah Ambawara pasti setuju kalau tempat ini memang layak untuk …